Kompetensi Keahlian

1.  FARMASI

2.  KEPERAWATAN

3.  AKUNTASI

4.  ADMINISTRASI PERKANTORAN

5.  REKAYASA PERANGKAT LUNAK

 

1. FARMASI

ATT_1432890498101_IMG_20150525_074118

  • Farmasi; Pekerjaan yang sangat didambakan banyak orang untuk bisa bekerja di bidang farmasi. Berawal dari proses pengabdian terlebih dahulu. Seperti halnya dalam bidang obat, makanan, minuman, dan kosmetik. Umumnya ditempatkan pada bagian research and development. Yang bertugas menentukan formula, tehnik pembuatan dan menetukan spesifikasi bahan bahan baku yang akan digunakan. Pekerja farmasi  menerima gaji per tahun mulai dari Rp.47.487.000,00 sampai dengan Rp.86.071.000,00.
  • Dunia Pendidikan; Bagi Kamu yang minat dengan peluang atau prospek kerja farmasi dalam bidang pendidikan bisa menjadi guru atau dosen pada jurusan farmasi. Namun untuk menjadi dosen harus menempuh S2. Peluang sebagai tenaga pendidik dalam bidang farmasi sangat dibutuhkan. Gaji yang akan diterima pada umumnya tergantung jam mengajar serta jumlah kelas yang diampu.
  • Lembaga Pemerintah;Lembaga resmi pemerintah yang mengurus pelegalan obat dan makanan disebut dengan BPOM (Badan Pengawas Obat dan Makanan). Ini dapat Kamu jadikan prospek kerja jika berminat bekerja di bawah naungan pemerintah. Disamping itu bisa mencoba pada lembaga lain yang berada di bawah naungan pemerintah seperti BPJS (Badan Penyelenggara Jaminan Kesehatan). Untuk yang bekerja di BPOM rata-rata gaji yang diterima pada kisaran 3 juta ke atas tiap bulannya. Sedangkan pekerja BPJS kisaran antara 2,5 hingga 16,5 juta, tergantung jabatan yang di duduki.
  • Farmasi Manajemen; Bidang manajemen juga merupakan prospek kerja jurusan farmasi. Manajemen yang dimaksud disini adalah pimpinan yang memiliki tanggung jawab atas berjalannya perusahaan. Apoteker tidak hanya melulu berkecimpung dengan obat. Namun juga harus bisa menciptakan hubungan yang baik dengan teman seprofesi bahkan yang diluar profesi, dan juga bersama pasien. Rata-rata gaji yang diterima per bulan $ 6607730.
  • Menjadi Pengusaha; Untuk membuka apotek harus menempuh jalur pendidikan bangku kuliah selama empat tahun lamanya dan juga ditambah 1 tahun untuk mengikuti program profesi. Setelah semua ditempuh, lalu mengucap sumpah apoteker dan Kamu sudah memperoleh ijin membuka apotek. Apabila membuka apotek secara mandiri setiap hari ada penghasilan yang masuk, sebagai pengganti gaji.
  • Peneliti Farmasi; Lulusan farmasi juga bisa menjadi peneliti farmasi, tidak hanya dalam dunia pendidikan saja. Penelitian yang bisa dilakukan misalnya penelitian terhadap potensi tanaman obat yang saat ini masih melimpah di Indonesia. Bisa juga bekerja di badan penelitian pemerintah misalnya LIPI. Penghasilan yang akan di dapatkan umumnya tergantung pada proyek penelitian.
  • Bekerja Di Sektor Swasta; Perusahaan nasional yang bergerak dalam industri obat-obatan sangat membutuhkan lulusan farmasi seperti halnya Kalbe Farma, Kimia Farma, Mead Johnson, dan lain sebagainya. Untuk penghasilan yang didapatkan rata-rata pada kisaran 4 sampai dengan 8 juta per bulan.
  • Rumah Sakit, Apotek, Dan Laboratorium Klinik; Bidang utama yang memberikan kesempatan besar bagi lulusan farmasi ada pada bidang layanan kesehatan misalnya rumah sakit, apotek dan juga laboratorium klinik. Untuk menjadi seorang apoteker profesional lulusan farmasi wajib mengambil pendidikan profesi apoteker selama 2 semester dengan jangka waktu 1 tahun. Sertifikat yang sudah dimiliki dapat dijadikan bekal untuk menjadi apoteker yang kemudian bisa mendirikan apotek sendiri. Gaji standar yang diberikan untuk apoteker adalah sebesar 1 juta sampai dengan 2,5 juta.
  • Farmasi Komunitas; Selain menjadi apoteker, prospek kerja yang ditawarkan adalah bertanggung jawab terhadap obat yang sudah di tulis pada resep. Jika dikerucutkan lagi bisa bekerja di apotek, puskesmas, klinik, atau bahkan di rumah sakit. Untuk gaji yang diberikan profesi ini sangat bervariasi, pastinya lebih dari 2, 5 juta per bulannya.
  • Bagian Administrasi Pelayanan Obat Pada Instansi Pemerintahan, TNI dan Polri; Seperti yang sudah di ungkap di atas, bahwa farmasi tidak hanya melulu berkecimpung dengan obat-obatan. Namun juga dengan makanan dan minuman, bahkan kosmetik. Misalnya beberapa makanan yang ternyata mengandung bahan kimia dan zat terlarang lain yang bisa diketahui oleh ahlinya saja. Gaji yang untuk profesi ini kisaran 3 juta ke atas

 

2. KEPERAWATAN

IMG_0982

  • Jurusan Keperawatan Jadi salah satu Kebangkitan Tenaga Kerja Indonesia di Luar Negri; Tenaga kerja lulusan keperawatan banyak dibutuhkan di luar negeri. Kebutuhan tersebut bukan hanya pada sector pelayanan kesehatan di rumah sakit, namun profesi perawat dibutuhkan pula sebagai caregiver. Dengan adanya MEA (mayarakat ekonomi asean), Kerjasama ketenagakerjaan Australia-Indonesia baru-baru ini dan Banyaknya negara yang membangun kerjasama di bidang ketenagakerjaan tentu menambah prospek masadepan para lulusan keperawatan. Tidak kurang dari 2 Juta/Tahun Tenag keperawatan yang dibutuhkan di seluruh dunia.
  • Menutupi Kurangnya Tenaga Keperawatan Di Dalam Negri; Jika kita berkaca pada negara jepang, dari 13 juta penduduknya mereka memiliki 1,3 juta perawat. Dengan begitu, setiap 100 orang warga Jepang memiliki 1 orang perawat. Mari kita bandingkan dengan Indonesia, dari 240 juta penduduk Indonesia hanya 654ribu perawat atau 1:366. Ini membutikan bahwa jika kita ingin mengejar indeks kesehatan nasional setidaknya kita membutuhkan 1,7 juta perawat. Ini menjadi signal penting bahwa prospek masa dpan perawat Indonesia di dunia kerja sangat cerah.
  • Perawat Sebagai Tenaga Pendidikan; Dalam menunjang perkembangan dan proses profesionalisasi keperawatan Indonesia, maka diperlukan dukungan sumber daya manusia (perawat) yang berkualitas. Oleh karena itu institusi pendidikan akan memberikan kesempatan kepada para lulusannya, khususnya yang mempunyai kualifikasi baik, untuk bekerja sebagai staf pengajar. Bagi para lulusan yang masih mampu melanjutkan penddikan, dapat meneruskan ke Starta 1 (di Program Studi Ilmu Keperawatan) sampai dengan tingkat doctoral.
  • Sebagai Tenaga Profesional yang dibutuhkan di sector industry; Sudah sejaka lama profesi perawat sangat diminati untuk bekerja sebagai karyawan swasta di dunia industry. Dalam standarisasi keselamatan dunia kerja, setidaknya dibutuhkan minimal 2 orang perawat di setiap pabrik. Dengan terus berkembangnya sector industry tentu menyerap banyak tenaga perawat.
  • Perawat Sebagai Tenaga Managerial; Di masa depan diharapkan perawat juga mampu berkiprah dalam kancah pemerintahan dan atau legislatif. Hal ini akan sangat mendukung profesi perawat ikut berpartisipasi dalam menentukan suatu kebijakan-kebijakan pembangunan, yang tentunya akan berdampak positif bagi perawat dalam memperoleh kesempatan.
  • Perawat Sebagai Tenaga Praktisi; Seperti yang kita tahu, perubahan sosial ekonomi dan politik, kependudukan dan IPTEK di Indonesia akan berdampak terhadap perubahan penempatan perawat. Tenaga keperawatan bukan hanya dibutuhkan dalam sector kesehatan dan sector industry, akan tetapi dengan jenjang yang berkelanjutan perawat juga bias masuk kesektor jasa.
  • Sebagai Tenaga Profesional utuk Konsultan; Dimana ada dokter di situ tentu ada perawat, karena untuk memnuhi standar penyembuhan tidak cukup dengan dokter saja, Peran perawat juga sangat dibutuhkan. Nah, dengan hal tersebut banyak dokter yang membuka praktik tentu membutuhkan tenaga keperawatan. Bisa kita hitung berapa jumlah dokter yang membuka Pratik dan berapa kebutuhan perawat untuk mendampinginya
  • Perawat Dapat Menciptakan Lapangan Kerja; Tidak sedikit mereka yang lulusan perawat membuka mampu menjadi pengusaha sukses. Apalagi di era milenial seperti ini, Perawat bisa menciptakan lapangan kerja baru untuk yang lainnya. Contoh kecilnya, Jasa penitipan bayi dan anak.
  • Perawat Komunitas Warna Baru Dunia Kerja Keperawatan; Dengan sistem yang seperti ini, perawat tidak hanya duduk di tempat pelayanan kesehatan menunggu datangnya klien atau merawat klien yang sudah ada di tempat pelayanan kesehatan. Perawat komunitas juga melakukan pengkajian ke masyarakat atau komunitas untuk mengetahui faktor risiko penyakit, penyakit yang akan muncul akibat faktor risiko tersebut atau penyakit yang sedang dialami di suatu lingkungan masyarakat, serta memberikan pendidikan kesehatan.

 

833. AKUNTANSI

Kompetensi Paling Tepat Bagi Pecinta Matematika; Suka hitung menghitung sejak kecil dan menganggap Matematika sebagai passion, kompetensi Akuntansi bisa menjadi pilihan tepat. Dibutuhkan keterampilan menghitung yang baik jika kamu ingin mendapatkan nilai tinggi.

  • Memiliki Esensi Tinggi; Setiap perusahaan atau badan usaha selalu membutuhkan sistem keuangan yang baik. Setidaknya lulusannya bakal bisa memanfaatkan keterampilan akuntansi yang dimiliki saat terjun ke dunia kerja
  • Pilihan Karir Yang Cerah; Seseorang yang menguasai ilmu Akuntansi memiliki peluang karir yang lebih cerah. Kamu mau menjadi seorang akuntan, audit, manajer, banker dan sektor penting lain baik industri atau usaha.
  • Mengajarkan Sikap Tanggung Jawab; Prospek pekerjaan dinamis yang ditawarkan kompetensi ini kerap dilirik perusahaan. Setidaknya lulusan belajar bertanggung jawab dengan laporan keuangan yang dikerjakan. Jangan heran jika sikap seperti ini bakal bermanfaat di kehidupan selanjutnya.
  • Latar Belakang Yang Mendukung Bisnis; Siapa bilang anak Akuntansi hanya akan menjadi pekerja profesional? Menjadi pebisnis pun membutuhkan kemampuan khusus menganalisa untung dan rugi sebuah usaha. Tak heran jika anak Akuntansi mudah mencari kerja dan mampu menciptakan lapangan pekerjaan sendiri.
  • Mampu Membuat Pribadi Lebih Teratur, Rapi Dan Disiplin; Mayoritas anak Akuntansi adalah pribadi yang teratur, rapi dan disiplin. Coba Kamu lihat jurnal laporan keuangan hingga neraca yang mereka susun. Dalam bidang ilmu akademik saja sudah menerapkan keteraturan, bagaimana dengan kepribadian personal di kehidupan nyata?
  • Menjadi Pribadi Yang Berpikir Kreatif, Cepat Dan Cerdas.; Alasan memilih kompetensi Akuntansi adalah mampu memberikan dampak positif pada diri. akan menjadi pribadi yang berpikir kreatif, cepat dan cerdas tentu saja. Lulusan Akuntansi adalah orang-orang yang mampu menentukan keputusan terbaik di setiap masalah.
  • Grade Tertinggi; Akuntansi menduduki kompetensi grade tinggi yang menuntut siswa dengan kecerdasan diatas rata-rata. Kelak jika terjun ke masyarakat, beragam profesi yang menanti pun acap dihormati.
  • Fashionable; Alasan yang paling anti mainstream dari memilih kompetensi Akuntansi saat kuliah adalah Kamu bakal menjadi pribadi yang fashionable. Fashionable di sini memiliki makna penampilan yang selalu rapi dan stylish. Penampilan yang rapi mendukung aktivitas mengelola keuangan

 

IMG_43864. ADMINISTRASI PERKANTORAN

Lingkup Pekerjaan Staf Administrasi Perkantoran

Pekerjaan administrasi perkantoran tidak hanya dibutuhkan di ruang lingkup yang besar, tetapi juga di sebuah divisi suatu organisasi. Dalam lingkup yang umum, sekretaris direktur termasuk sebagai salah satu pekerjaan administrasi perkantoran.

Secara garis besar, sekretaris bertugas untuk mengatur, menyusun, mengelola, mengarsip, dan mengorganisir data (seperti jadwal dan dokumen misalnya); sebagai perantara antara pihak eksternal dengan pimpinan; mewakili perusahaan untuk berhubungan dengan pemangku kepentingan; memberikan ide dan masukan; serta menjadi mediator pimpinan dengan bawahan.

Selain sekretaris, ada juga pekerjaan administrasi yang dikhususkan untuk membantu suatu divisi, seperti admin HR, admin penjualan, admin IT, admin ekspor impor. Dari segi pekerjaan, semua staf administrasi kurang lebih memiliki tugas yang sama, yaitu mengarsip, mengagendakan, mendata, menyiapkan, mengatur, dan menyusun berbagai jenis data; seperti surat-surat hingga penjadwalan.

5. REKAYASA PERANGKAT LUNAK (RPL)

38

Daftar Peluang Kerja Jurusan RPL

  • Konfersi PSD ke WordPress – Merupakan pekerjaan yang berperan untuk anda agar mampu memenuhi kebutuhan klien salah satunya mengubah hasil photoshop menjadi file wordpress.
  • Developer IT– Merupakan pekerjaan yang mengaharuskan anda dapat mengembangkan perangkat lunak dengan memenuhi kebutuhan klein. Seperti perangkat lunak untuk pendidikan, bisnis, hiburan games, telekomunikasi dll.
  • Programmer – Membuat program sebagau perangkat lunak dari komputeer untuk memudahkan fungsi tertentu. Programmer dapat bekerja di segala bidang baik industri, pertelevisan, perbankan, media. Jadi peluangan kerja juruan rpl sangat banyak.
  • IT colsultant – Anda bisa bekerja sebagai IT consultant yang beperan dalam perencanaan dan pengevaluasian penerapan IT pada sebuah organisasi. Jadi lowongan kerja smk jurusan rpl banyak, tinggal anda mencari informasinya.
  • System Analyst dan system integrator – Yang nantinya anda harus berperan dalam melakukan analisis terhadapat sistem atau program yang berbasis teknologi dan informasi dalam suatu perusahaan dan membuat solusi yang integratif dan memanfaatkan perangkat lunak. Ini menjadi salah satu peluang kerja lulusan smk jurusan rpl.
  • Database engineer / data base administrator – Berperan dalam perencanaan pemeliharaan basis data (termasuk data warehouse)
  • Web engineer – Bertugas merancang dan membangun website beserta layanan dan fasilitas berjalan di atasnya dan bertanggung jawab dalam pemeliharaan website dan mengembangkanya,
  • Computer network / data communication engineer – Bertugas untuk merancang arsitektur jaringan komputer dan melakukan perawatan, pengelolaan jaringan dalam instansi atau perusahaan.
  • Game developer – Anda diharukan dapat mengembangkan perangkat lunak multimedia game dan
  • Intellegent system developer – Mengembangkan perangkat lunak yang intelegen seperti sistem pakar, image recognizer dll.
  • Software tester – Anda diharuskan dapat berperan khusus sebagai penguji perangkat lunakan dan bertanggung
    jawab atas kebenaran fungsi dari perangkat lunak maupun dari system